Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW., “Siapakah sahabat yang paling baik bagi kami?”. Jawab Rasulullah, “Seseorang yang bila kamu memandangnya akan teringat pada Allah, bila kamu mendengar ucapannya maka pengetahuanmu bertambah dan bila kamu melihat kelakuannya maka kamu teringat pada hari kiamat.”. (At-Targhib)

Cukup lama aku mematung memandang layar hand phoneku, membaca kembali kalimat demi kalimat mencoba mengingat setiap tutur dan tingkah…

Sahabat,
Sudahkah kalian teringat pada Allah setiap kali memandangku?
ataukah selama kita bertatap muka malah membuat kalian teringat pada dunia karena angkuhku, karena congakku berjalan di atas bumiNYA. Menjauhkan kalian dari mengingat Allah karena tak melihat atsar-atsar keshalihan pada diriku? Katakan padaku, sahabat…

Kawan,
Sudahkan bertambah pengetahuan kalian setiap kali mendengar ucapanku..?
ataukah setiap kata yang meluncur dari lisan ini hanya membuat kalian terngiang-ngiang pada dunia sebab yang kubicarakan bukan mengenai kebaikan, kedewasaan, kebijaksanaan dan hikmah dalam hidup bahkan tak lebih dari sekedar membicarakan harta dan kenikmatan semu dunia. Ceritakan padaku, kawan…

Saudaraku,
Sudahkan teringat pada hari kiamat setiap kali melihat kelakuanku..?
atau selama ini kelakuanku malah membuat kalian semakin jauh dari Allah, Rasul dan Islam itu sendiri karena jengah melihat polahku yang tak menyenangkan dan masih jauh dari nilai-nilai kemuliaan..?!

Astaghfirullah…
Ingatkan aku sahabat,
Tegur aku kawan,
Pukul aku saudaraku,
jika aku lengah dari menjadi sahabat yang baik bagi kalian.

