Kalau pada bulan Ramadhan ingin mencicipi kurma Ahmadinejad atau Kurma George W. Bush, siapkan saja koper dan segera berangkat ke Mesir.
Ya, di Negeri yang terkenal dengan sebutan Negeri Seribu Menara ini, pada bulan Ramadhan, selain ramai bermunculan makanan ringan khas Timur Tengah, seperti kurma, kataif dan manis-manisan, muncul pula penjual lampu hias atau kerap dikenal dengan al-fanus, lampu hias khas Mesir.

Uniknya, sejak 2006 lalu, para penjaja makanan tersebut menjual kurma bermerek nama pemimpin negara atau nama orang-orang terkenal dunia. Kurma yang termahal selalu dinamakan dengan nama tokoh yang di anggap paling heroik di dunia Arab.

Pada 2006 lalu, kurma ternahal bermerek Nasrullah, harganya mencapai 24 pound (Mesir). Nama ini diambil dari nama pemimpin Hizbullah, Syaikh Hasan Nasrullah yang dianggap paling berhasil memenangkan perang melawan Israel di selatan Lebanon. Kemudian, disusul oleh kurma bermerek Ahmadinejad yang dijual seharga 18 pound, dan kurma bermerek Chaves yang berharga 14 pound.

Mau tahu, kurma yang paling murah dan biasanya tidak laku? Kurma itu bermerek George W. Bush!!!

Sumber:Ahmadinejad;The Lion from Aradan, hal.29

Iklan