Akan selalu ada suatu keadaan, kenangan, peristiwa, kisah, pengalaman dan orang-orang yang ada dalam kehidupan; meninggalkan jejak dalam proses pendewasaan diri. Ada tawa bahagia, tangis haru, bunga-bunga cinta dan persahabatan juga persaudaraan yang indah atas dasar ketulusan, kesuksesan mencapai mimpi dan cita maupun cinta serta banyak hal lain yang membuat potongan kehidupan kita dipenuhi senyum indah.

Namun mozaik itu juga tak selalu indah, kadang ada luka dan air mata yang begitu menyayat jiwa…mengiris-iris hati, menimbulkan sesak yang berkepanjangan, gerak kegelisahan. Entah itu karena kecewa pada seseorang atau sesuatu, kehilangan seseorang atau sesuatu yang begitu berarti dalam hidup kita, pengkhianatan oleh orang yang susah payah kita beri kepercayaan, kegagalan mewujudkan mimpi, cita dan cinta atau seribu alasan lain yang dapat membuat kita sedih berkepanjangan, melemahkan akal, hati dan jiwa serta berdampak pada melemahnya fisik.

Memang bukan suatu hal yang mudah lelalui masa-masa sulit dalam kehidupan kita, masa-masa di mana setiap gerak hanya menghasilkan resah..setiap desah nafas malah menambah luka dan sesak di dada..setiap malam yang berlalu hanya kumpulan-kumpulan kekhawatiran akan smua yang telah berlalu. Namun apa daya, masa lalu tidak akan pernah berarti apa-apa. Ia hanya menjadi potongan kenangan, tidak lebih! Ia hanya akan berharga jika kita MENERIMAnya sebagai pembelajaran dalam kehidupan,brdamai dengan diri tapi bukan melupakan;MEMAAFKAN.

mozaik kehidupan


Pernahkan kita merenungi semua itu; semua keadaan, kenangan, peristiwa, kisah, pengalaman dan orang-orang yang ada atau setidaknya pernah hadir dalam kehidupan kita…jika semua mozaik itu disatukan, maka akan menghasilkan sebuah gambaran indah kehidupan yang telah Dia berikan bagi setiap hamba. Oleh karenanya, syukurilah setiap mozaik kehidupan yang tercipta dalam proses metamorfosis menjadi hamba yang paripurna.

@proses panjang berdamai dengan diri;Menerima,MEMAAFKAN!

Iklan